Senja di Padang Jawar

foto: doc.boycke

Fafruar - Sebuah pemandangan yang mungkin akan membut hati teriris bila hendak melintasi pada sore hari di padang Jawar, Boberai, Papua Barat.

Padang yang luas dan memanjang itu menjadi sebuah batas wilayah antara Fak-Fak dan Distrik Fafurwar, Aroba dan Tofoi ini  mempunyai pemandangan yang indah sekali. Saat melintas di sana sore hari, Anda akan melihat matahari seakan terbenam di tengah-tengah padang.

Di padang Jawar hanya ditumbuhi alang-lang dan pepohon kecil setinggi setengah hingga satu meter, serta anggrek dan tumbuhan rumput yang bermacam warna. Tanah berpasir putih berbatu yang berwarna putih, bening bulat dan air yang jerni berwana teh setengah tua.

Alam dan suasana padang bisa membuat Anda terhanyut dan terbuai dalam mimpi terutama bagi mereka yang sedang jatuh cinta atau pun lagi putus cinta.

Padang yang disebut oleh masyarakat Irarutu dengan bahasa setempat “Sfen Jawar” ini sangat bagus untuk foto priweding atau pun video klip atau pun juga untuk hunting di sana.
Dulu masyarakat sampai di padang ini berjalan kaki berhari-hari, yakni bagi mereka yang berburu maupun mencari kulit buaya. Namun kini bisa ditempu dalam waktu dua sampai 3 jam perjalanan dengan mengunakan sepeda motor.

Masyarakat yang sering melitas di sana berhenti sebentar untuk foto terutama sore hari. Pemandangan sore hari di padan menjadi cerita tersendiri bagi mereka yang sering melitas. Kadang mereka menghabiskan waktu di padang untuk menyaksikan sang senja mengakiri perjalanannya di bumi dengan perlahan-lahan menghilang di tengah padang.

Jalan trans Papua Barat yang membela padang ini menjadi sumber jalur transportasi yang dihubungkan dengan Kabupaten Fak-Fak dan Kaimana akan menjadi aikon bagi mereka yang suka traveling maupun kemudahan bagi masyarakat. Dan jalan ini juga dibagi menjadi dua arah yaitu dari Fak-Fak ke ke Kec. Arobo, Kec. Tofoi dan Kec. Babo, ke Kec. Fafurwar, Kec. Arguni bawa dan Kaimana.

Perjalanan melewati daerah-daerah ini sangat mengaggumkan karena Anda akan melintasi hutan belantara yang akan diiringi dengan berbagai macam suara burung, sungai-sungai kecil maupun besar. Tak hanya itu Anda juga akan bertemu dengan kangguru, rusa, kasuari di tepi jalan serta Anda bisa istirahat sambil mancing di sungai-sungai yang ada.

Pokoknya perjalan itu akan membuat Anda ingin berlama-lama di sana walaupun perjalan cukup jauh, namun tentu memberikan kesan tersendiri bagi mereka yang melewatinya.

Padang Jawar memang belum begitu terkenal di kalangan luas namun orang Fak-Fak dan beberapa Kecamatan yang ada, mereka tahu serta yang sering melewati sana pasti tahu pula terutama para pedagang yang sering masuk keluar kampung-kampung dengan mengunakan sepeda motor.

Untuk ke sana bisa melalui Fak-Fak atau pun Babo, hanya saja melalui Babo harus mengunakan perahu boad ke Aroba sedangkan dari Fak-Fak langsung mengunakan motor atau mobil. ke SP.*(el)

Share on Google Plus

About Fafruar

0 komentar:

Post a Comment