Selokan Mataram Bisa Dijadikan Tempat Wisata Mancingan

Fafruar - Mungkin kita belum mengenal dan mengetahui dengan nama sekolakan Mataram. Sekolan atau saluran Mataram adalah kadal irigasi yang menghubungkan Kali Progo di barat  dan Kali Opak di timur. Masyarakat lebih mengenal nama populernya, selokan Mataram. Selokan Mataram ini terletak  di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan menjadi bagian dari jaringan saluran induk Mataram.

selokan Mataram di sore hari. doc. pribadi
Fungsi selokan Mataram adalah untuk pengairan yang difungsikan oleh masyarakat untuk pertanian. Walaupun musim kemarau, selokan Mataram masih menyuplai air ke lahan-lahan pertanian warga sehingga tanaman masih terlihat hijauh.

Karena manfaatnya yang sangat besar bagi masyarakat, maka pelestarian pun dilakukan yakni pembersihan rumput dan larangan membuang sampah ke dalam selokan. Walaupun demikian masih saja ada yang membuang sampah ke dalam selokan.

Selokan Mataram tak hanya sebagai pengairan tetapi juga sebagai tempat dimana orang menghilangkan rasa lelah mereka ketika bekerja di sawah maupun bagi masyarakat umum berbagi pengalamannya sambil duduk mancing.

Setip sore biasanya terlihat beberapa orang sedang duduk ditepi selokan sambil mancing di Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Alam dan suasana kapung memberikan kesan tersendiri.

selokan Mataram di sore hari. doc. pribadi
Walaupun ikan yang dipacing tidak besar dan tak selalu dapat namun mancing hanya sebagai hiburan dan lepas lelah. Umpan yang selalu digunakan untuk mancing adalah cacing dan lumut. Namun ikan lebih suka makan lumut dari pada cacing.

Ketika bercerita dengan seorang bapak tetang kegiatan mancingnya, dia mengatakan bahwa selokan ini sebenarnya bagus untuk dijadikan tempat wisata mancing. Asal kita semua menjaga kebersihannya. Kata dia “warga semua belum punya kesadaran untuk tidak membuang sampah ke dalam selokan. Air ini selalu mengalur terus, namun karena orang selalu buang sampah ke dalamnya maka dikeringkan. Tetapi  ternyata sama juga, orang masih tetap membuang sampah ke dalam”.

Baginya, selokan kalau dikelola dengan baik, yakni menjaga kebersihan dan tidak sembarangan buang sapah, dan memberikan bibit-bibit ikan ke dalamnya, bisa dapat dijadikan tempat wisata yang bisa diminati banyak orang. ***


Share on Google Plus

About Fafruar

5 komentar:

  1. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  2. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete