Menikmati Keindahan di Atas Gardu Pandang Nglinggo

Gardu Pandang, Nglinggo.doc.Krismi

Fafruar - Kebun teh Nglinggo dikelolah oleh warga masyarakat Pagerharjo sebagai  mata pencaharian merekah. Namun perkebunan the ini kini tak hanya menjadi perkebunan namu ternyata menjadi tempat wisata favorit masyarakat Yogaykarta maupun luar Yogyakarta.

Perkebunan Teh ini terlatak  di perbukitan daerah Samigaluh,  Kulon Progo atau lebih tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk sampai di perkebunan teh, wisatawan harus  menggunakan sepeda motor atau sepda gunung agar mudah sebab kendaraan roda 4 tidak dapat menjangkau tempat tersebut karena jalanan sempit, jurang dan tak dapat dilalui kendaraan besar.

Perkebunan teh Nglinggo ini letaknya di atas ketinggian 800 mdpl dan berada di Pegunungan Menoreh. Para wisatawan bisa melihat keindahan panorama di kebun teh yang hijau. Panorama 8 puncak gunung seperti gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Slamet, gunung Prau, gunung Ungaran, gunung Sumbing, gunung Telomoyo serta gunung Sindoro sungguh sangat mempesona dilihat dari kebun Teh Nglinggo.

Baca juga: Cerita Dibalik  Puncak Suroloyo
Para wisatawan datang ke tempat ini hanya ingin merasakan dingin, sejuknya udara, serta selfi atau foto- foto. Ada banyak spot foto menarik, para pengunjung atau wisatawan juga diperbolehkan untuk berjalan-jalan di sekitar perkebunan teh. Namun tentu ada himbauan untuk menjaga area perkebunan supaya tidak merusak tanam teh.

Untuk melihat sunset, para wisatawan bisa mengunjungi Nglinggo pada sore hari. Akan tetapi area perkebunan akan ditutup pada pukul 18.00 sore. Sehingga para pengunjung atau wisatawan hanya bisa mengunjungi desa Nglinggo pada sore hari.

Di sana wisatawan akan disungguhi panorama di atas gardu pandang Nglinggo. Namun wisatawan harus diuji nyali untuk menaiki anak tangga yang tidak jauh dan tinggi untuk mencapai gardu pandang Nglinggo. (Krismi)





Share on Google Plus

About Fafruar

0 komentar:

Post a Comment