Kepedulian Gereja terhadap usahausaha untuk melestarikan
keutuhan ciptaan perlu di-tingkatkan. Salah satu hal penting dan mendesak untuk
dilakukan adalah membangundan mengembangkan pertobatan ekologis demi
terwujudnya rekonsiliasi atau pendamaian antara manusia dengan seluruh ciptaan
. Pertobatan ini tidak hanya berhenti pada lahirnya kesadaran baru, bahwa
lingkungan hidup penting untuk kehidupan manusia, melainkan adanya perubahan
positif yang signifikan dalam memandang dan memperlakukan alam semesta.
Kehidupan seluruh ciptaan menjadi pusat dari segala kegiatan
manusia. Dengan kata lain perlu peralihan dari cara pandang egosentris ke cara
pandang biosentris. Eksploitasi sumber daya alam yang didasari keinginan tak
terbatas diubah menjadi pemanfaatan sumber daya alam yang arifbijaksana
didasarkan pada kebutuhan hidup yang berkelanjutan. Konsep pembangunan tidak
lagi hanya mengacu pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga pada pembangunan yang
berwawasan lingkungan. Alam kembali ditempatkan dalam perannya sebagai mitra
kehidupan manusia dan rumah bagi semua mahkluk.
Pastoral ekologi atau ekopastoral hendaknya dilakukan secara
menyeluruh dan berkesi-nambungan. Menyeluruh artinya melibatkan semua orang
yang berkehendak baik untuk menjaga dan memulihkan lingkungan hidup serta
mencakup pihak-pihak yang terkait dengan kerusakan lingkungan hidup itu
sendiri. Berkesinambungan berarti pastoral lingkungan hidup menjadi gerakan
Gereja yang teratur, terarah, dan terus menerus yang diperkaya dengan
informasi, pengetahuan, dan cara bertindak yang benar berkaitan dengan lingkungan hidup.
Kebijakan pemanfaatan sumber daya alam hendaknya
memperhatikan keseimbangan antara kepentingan manusia dan lingkungan hidup.
Oleh karena itu, kebijakan pembangunan dengan memanfaatkan sumber daya alam
yang cenderung eksploitatif (hanya menekankan pertumbuhan dengan mengeruk
sumber daya alam tetapi kurang memperhatikan segi keseimbangan eskosistem) dan
destruktif (mencemari lingkungan hidup dengan aneka ragam limbah) harus ditinjau
ulang atau jika perlu dihentikan. Kebijakan Penataan Ruang melalui Rencana Tata
Ruang Wilayah (RTRW) hendaknya memperhatikan kepentingan masyarakat kecil.
Tujuannya agar mereka tidak tergusur secara semena-mena, tidak kehilangan ruang
publik yang bisa dipakai untuk bermain anak-anak mereka, tidak khawatir akan
datangnya banjir saat musim hujan. Dengan demikian, resapan air tetap terjaga,
kesegaran dan kenyaman hidup terjamin karena masih luasnya kawasan hijau.
Izin usaha yang berdasarkan pertimbangan yuridis dan
analisis akademis dari berbagai disiplin ilmu akan berdampak pada kerusakan
lingkungan hidup, tidak boleh dikeluarkan. Di samping itu, bagi mereka yang
telah terbukti melanggar ketentuan usaha yang ramah lingkungan dan menjadi
penyebab kerusakan lingkungan hidup hendaknya diberi sanksi yang semestinya.
Kebijakan hendaknya dilandaskan pada prinsip keadilan,
artinya kebijakan itu meng-hormati martabat manusia dan meningkatkan
kesejahteraan masyarakat sekitar. Hal ini perlu diperhatikan baik dalam membuat
kebijakan ekonomi nasional maupun setempat. Masyarakat lokal yang tinggal di
kawasan hutan adalah kelompok pertama yang harus mendapat manfaat dari potensi
alam sekitarnya. Kebijakan ini juga disertai dengan usahausaha penyadaran yang
intensif agar masyarakat berlaku hemat dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber
daya alam yang ada.
Kemajuan usaha industri tidak dapat mengorbankan lingkungan
hidup. Setiap kegiatan ekonomi yang mendayagunakan sumber-sumber daya alam
mesti juga peduli untuk melindungi lingkungan hidup. Oleh karena itu,
pengmbangan dan pembangunan ekonomi hendaknya diikuti juga dengan upaya-upaya
pemulihan lingkungan hidup sehingga tidak membawa dampak negatif terhadap
kehidupan.
Sumber daya alam tidak boleh hanya dimanfaatkan untuk mengejar
keuntungan ekonomis semata, tetapi harus memberikan manfaat sosial yaitu
kesejahteraan bersama (bonum commune). Masyarakat harus diberi kesempatan untuk
ikut menikmati sumber daya alam di sekitar mereka dan dihindarkan dari berbagai
dampak negative proses industri. Makna-tujuan yang paling inti dari produksi
bukanlah semata-mata bertambahnya hasil produksi, bukan pula keuntungan atau
kekuasaan, melainkan pelayanan kepada manusia, yakni manusia seutuhnya.
Kelompok masyarakat kecil dan terpinggirkan seperti masyarakat adat, para
petani, dan nelayan yang sering kena dampak negatif kerusakan lingkungan dan
perubahan iklim hendaknya juga diperhatikan secara khusus.
Krisis ekologis sebagai akibat dari perilaku manusia, harus
mendorong kita untuk menata ulang hubungan kita dengan ciptaan yang lain.
Penataan ulang ini dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran akan tanggung
jawab atas kepentingan bersama semua manusia dan semua ciptaan. Penataan itu
dapat dimulai dengan menyadari bahwa lingkungan hidup mempunyai peran yang amat
penting bagi semua kehidupan sehingga harus dilindungi dari berbagai pencemaran
dan perusakan. Dengan demikian, tindakan pastoral lingkungan hidup tidak hanya
menyangkut masalah teknis, tetapi juga menyangkut proses penanaman nilai melalui
pendidikan. Masalah lingkungan hidup merupakan masalah bersama. Oleh karena
itu, umat Kristiani hendaknya membangun kerjasama dengan siapapun yang
mempunyai kepedulian terhadap kerusakan lingkungan ini. Kerjasama ini dapat
dilakukan dengan berbagai bentuk, misalnya menggelar seminar publik, diskusi,
atau gerakangerakan nyata lainnya dengan melibatkan saudara-saudari yang
beragama dan berkeyakinan lain, lembaga-lembaga pemerintah maupun non
pemerintah.
Keterlibatan umat Kristiani dalam memulihkan dan melestarikankeutuhan ciptaan bukan semata-mata didorong oleh adanya kerusakan lingkungan
hidup, tetapi merupakan perwujudan iman akan Allah Sang Pencipta dan Pemelihara
kehidupan. Iman yang hidup dan penuh kasih menjadi dasar spiritualitas segala
upaya untuk mendatangkan keselamatan bagi semua ciptaan. Oleh karena itu,
berbagai bentuk kegiatan pastoral lingkungan hidup hendaknya selalu bersumber
pada kasih Allah yang mencipta, memelihara dan menjaga seluruh alam semesta
ini.
Penutup
Sesungguhnya dari sedia kala, manusia hidup selaras dengan
alam, dan alam tatap setia menyuapi makhluk yang ada bersamannya. Seperti
kearifan kuno yang memiliki cara pandang holistic bahwa semua yang ada di alam
semesta ini merupakan kesatuan yang hidup seperti dalam syair berikut ini.
“Langit, bumi dan aku berasal dari
akar yang sama; Ribuan makhluk di dunia dan aku
terbuat dari bahan yang satu.
Oh bunga kecill, seandainya aku
mengerti siapa engkau,
Akarmu dan semua, semua dalam
semua; Semestinya lalu aku akan memahami
siapa Tuhan dan manusia. (Seng Chao 384-414)
Sang Pencipta tidak akan menjatuhkan pangan dari langit,
kecuali melalui manusia sebagai Co-creator. Bencana yang berasal dari alam, tidak datang dengan
sendirinya, karena alam memiliki kemampuan untuk memperbaharuui dirinya.
Sesungguhnya manusialah yang paling banyak menciptakan bencana tersebut .
Keserakahan dan nafsu yang membabibuta merupakan biang utama dari semua itu.
Kita hidup dan berkembang dalam dunia yang sama, duniaku,
duniamu, dunia kita alam semesta, hanya satu. Masalah lingkungan yang terjadi
sekarang ini merupakan masalah bersama. Sang Pencipta telah memberi manusia
pemikiran dan pengetahuan untuk menjaganya, tidak ada yang kurang. Oleh karena
itu, kita bertanggungjawab untuk mengembalikan tarian semesta. Hal itu dapat
kita lakukan mulai dari yang paling kecil, diri sendiri, dan dari sekarang.
Jangan mengunggu lama. Mari kita mulai demi masa depan generasi kita. Salam
lestari. * (Wilfrid Gino Sipayung)
Assalamualaikum wr.wb,saya pak arianto pekerjaan saya sehari-harinya cuma seorang TKI pembantu di negara tentangga yaitu di malaysia yang pendapatannya tidak seberapa dan suami saya cuma kerja di kelapa sawit,buat biaya anak sekolah aja tidak cukup di kampung apalagi untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga sehari-harinya dan suatu malam saya buka internet dan tidak sengaja saya temukan number HP EYANG WORO MANGGOLO langsung saya telpon beliau dan menceritakan semua keluahan saya dan akhirya di kasih ANGKA GHAIB 6D benar-benar tembus dengan adanya EYANG semua hutang-hutang saya di kampung sudah lunas semua ,bahkan sekarang saya sudah buka usaha WARUNG MAKAN di malaysia!!! sekali lagi saya mengucapkan banyak terimah kasih kepada EYANG WORO MANGGOLO atas bantuan Eyang kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan EYANG WORO MANGGOLO pula yang telah memberikan angka ghaib hasil ritual,beliau kepada saya yaitu 6D dan alhamdulillah telah berhasil memenangkan 5x berturut-turut tembus .
ReplyDeleteSolusi yang tepat jangan anda putus aza karna EYANG akan membantu anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB apa bila anda butuh angka togel 2D-3D-4D-5D-6D, dijamin 100% jebol.
Apabila ada waktu silahkan/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 .
DAN BELIAU JUGA BISA MENBANTU ANDA TUK PUTARAN YANG ADA DI BAWA.
angka;GHOIB: singapur
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum 4d
angka"GHOIB; laos…
angka"GHOIB; macau
angka"GHOIB; sidney
angka"GHOIB: vietnam
angka"GHOIB: korea
angka"GHOIB: kudalari
sekali lagi makasih yaa Eyang waktu itu saya cuma bermodal uang cuma 300 ribu dan akhirnya saya menang banyak dan berkat angka gaib hasil ritual Eyang saya sudah buka usaha Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB/SMS EYANG WORO MANGGOLO di number 082-391-772-208 insya allah beliau akan menbantu anda semua.trimakasih....?