Perayaan Minggu Palma Menuju Yerusalem Baru

Fafruar - Umat Katolik Paroki Marganingsi, Kalasan, Yogyakarta, mengikuti Perayaan Minggu Palma yang diawali dengan perarakan dari Taman Doa Paroki melewati, Pastoran, SMP Kanisius menuju gereja, Minggu 14/4/2019.

Dalam pengatarnya, Rm. Antonius Dadang Hermawan, Pr mengatakan “Peristiwa hari ini menjadi kenangan bagi kita untuk mengingat pengenapan firman Tuhan, bahwa Yesus yang dinantikan, sekian lama waktunya.  Akhirnya tampil dalam panggung sejarah. Dan hari ini kita menghantar Yesus yang akan menuju ke Yerusalem. Itulah inti diawal perayaan ini sebelum kita bersama-sama memasuki Gereja”.

Rm. Dadang mengajak umat mempersiapkan diri untuk mohon berkat Tuhan bagi daun Palma yang sudah disiapkan, yang akan menjadi tanda ungkapan mengelu-elukan Yesus yang dinantikan yaitu Sang Juruselamat.

Umat dengan penuh seksama mengikuti perarakan, dengan urutan mulai dari wiruk, salib, petugas koor dan umat, mesdinar, lektor, prodiakon dan Romo. Diiringi dengan lagu Hosana Putra Daud menuju gereja.

doc.pribadi

Dalam khotbahnya Rm. Dadang mengakatan “dalam gereja Katolik, memiliki banyak tanda dan simbol yang kaya maknanya. Salah satunya adalah kita mengawali masuk gereja dengan upacara perarakan daun Palma. Itu artinya kita mengenangkan kembali bahwa Yesus pernah dielu-elukan oleh orang-orang yang percaya atas segala mujizat-Nya”.

Selain itu  Injil yang baru kita dengar, dikatakan bahwa mereka masih mengelu-elukan, memuju-muji Yesus.  Meng-elukan saat itu karena pertama dan terutama mereka melihat mujizat. Perlu sampai masuk pada fakta akhir mujizat sebenarnya. Mujizat-mujizat yang dibuat atau disampaikan oleh Yesus sebetulnya membantu mereka untuk mengenal bahwa Yesus adalah yang dinantikan, yaitu Sang Mesias,” tutur Rm. Dadang.

Lebih lanjut Rm. Dadang mengatakan “Hari ini kita mengenang peristiwa memasuki Yerusalem dimana menjadi tempat khusus yang bermakna bagi kita. Yerusalem disimbolkan dengan gedung gereja. Maka perarakan dari tempat ini menuju gereja artinya menuju Yerusalem Baru. Yerusalem baru masih  kita rindukan. Kapan itu? Saat di mana kita bersama-bersama disatukan oleh Tuhan sendiri kelak, ketika kedatangan Kristus yang kedua. Kedatang Kristus yang pertama yakni kelahirannya di dunia dan kedatangnya yang kedua, saat akhir zaman. Oleh karena itu setiap kali kita merayakan peristiwa ini, kita juga diingatkan penantian akan kedatangan Kristus itu, yang akan  kita elukan. Maka kita bersama-bersama merasakan kemeriahan orang-orang pada waktu itu menuju Yerusalam, yang akan kita laksanakan menuju Yerusalam baru itu,” tuturnya.

Melalui perarakan daun Palma dan Kisah Sengsara Yesus yang dirayakan,  mengawali misteri Paskah Tuhan, yakni sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus. Untuk mengenapi misteri inilah Yesus memasuki Yerusalem, kota-Nya.  Dan dengan penuh iman dan bakti umat mengiringi Tuhan sambil mengenangkan peristiwa yang menyelamatkan itu. Peristiwa ini diharapkan semua umat memetik buah salib suci, yakni kebangkitan dan kehidupan. (*)

Share on Google Plus

About Fafruar

1 komentar:

  1. Izin ya admin..:)
    Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
    yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

    ReplyDelete