Makanan Khas Irarutu Fafurwar: Sagu Bungkus dan Ikan Bungkus

sagu bungkus dan ikan bungkus.doc.Boy N.

Fafruar - Salah satu kekhasan yang terus dilestarikan dalam kehidupan masyarakat Irarutu Fafurwar adalah sagu bungkus dan ikan bungkus, karena merupakan makanan atau menu khas daerah suku Irarutu.

Sagu merupakan makanan pokok bagi orang Papua khususnya yang berada di pesisir dan dataran rendah. Setiap daerah memiliki kekhasan sendiri dalam masakkan. Salah salah satunya masyarakat irarutu Fafurwar. Masakkan yang unik, alami tapi menggoda siapa saja yaitu sagu bungkus dan ikan bungkus.


Sagu bungkus dibuat dari tepung sagu mentah yang disebut dengan bahasa setempat uce rir. Sagu ini dibungkus dengan daun rotan yang disebut “wirr’ro”. Selanjutnya ikan dibersihkan sampai bersi lalu dibungkus dengan daun yang sama, disebut “sumtembemban”.

Ikan bungkus ini dibungkus tanpa penyedap rasa, tidak dikasih bumbu namun aroma daun alami tersebut membuat rasa enak yang khas.

Setelah kedua bahan ini dibungkus rapi, diletakkan bersama diatas asaran yang dibuat dari kayu, disebut “daff” dan dipasang api “fina mce” dari bawa dengan setumpuk kayu bakar “emma” hingga masak dan siap disantap.

Hidangan menu ini biasanya dibuat pada saat masyarakat sedang berada di dusun “uce war”, kebun “dendan” dan di rumah/kampung “san” sebagai makanan tambahan atau bekal untuk perjalanan jauh. (Boycke)





Share on Google Plus

About Fafruar

2 komentar:

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no Wa 085-254-384-488 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB NYATA

    ReplyDelete
  2. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    https://judislotgratis.siterubix.com/link-daftar-terbaru-bolavita-2020/

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

    https://www.sateayam.pro/
    https://m1.hj128.pw
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete