Mengenal Orang Lain Melalui Komunikasi

"Seringkali orang berpenampilan untuk memanipulasi, untuk itu kita harus berhati-hati dengan penampilan orang".


Fafruar - Menjalin hubungan antar pribadi dalam kehidupan sehari-hari tidaklah mudah seperti yang kita harapkan. Banyak aspek pendukung yang menjadi kunci keberhasilan seseorang dalam bersosialisasi, diantaranya bagaimana kita bersosialisasi bersama orang lain dengan baik, saling menghargai dan menghormati. Kegiatan bersosialisasi sangat terkait dengan kemampuan kita untuk diterima dalam suatu kelompok tertentu, tetapi apakah kita juga mengetahui bahwa orang-orang di sekitar kita mendukung atau tidak.

Ilustrasi gambar

Seperti kita ketahui, bahwa sifat dan karakter tiap-tiap orang sangatlah berbeda dan kadang sulit diprediksi. Seringkali, kita tersentak pada perilaku seseorang yang selama ini dipersepsikan baik, ternyata mempunyai tabiat yang tidak mengenakkan tanpa diketahui siapapun. Begitu juga sebaliknya, orang yang tidak pernah kita sangka baik, bahkan orang itu mempunyai pendaran cahaya di hatinya. Penampilan dan kata-kata yang diucapkan seringkali mengelabui kita.

Kita perlu memahami dan mengenal orang lain yaitu isi pikiran orang itu melalui penampilan, tatapan mata, dan bahasa, kata-katanya. Sebab seringkali orang berpenampilan untuk memanipulasi, untuk itu kita harus berhati-hati dengan penampilan orang.

Untuk itu berkomunikasi sangat penting untuk mengetahui lebih dalam bagaimana seseorang itu sebenarnya, tetapi komunikasi ideal seperti apa yang mampun memberi pencerahan kepada kita, tentang bagaimana cara memahami orang lain dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Dengan mengoptimalkan sisi-sisi kehidupan lawan bicara, menganalisa secara tajam, dan mempraktekan beberapa eksperimen sehingga reaksinya dapat kita ketahui sebagai pembelajaran hidup.


Cara yang bisa membantu kita dalam menganalisa siapa orang didepan kita melalui pengamatan bahasa tubuh, pandangan mata, setiap bahasa yang diungkapkan baik melalui bahasa lisan maupun tertulis. Melalui beberapa hal ini kita tahu siapa dia sebenarnya. (El)




Share on Google Plus

About Fafruar

0 komentar:

Post a Comment